4 Manfaat Demban Untuk Kesehatan. Ternyata Dapat Mencegah Kanker! - BATAKKEREN
Home » Lifestyle » 4 Manfaat Demban Untuk Kesehatan. Ternyata Dapat Mencegah Kanker!

4 Manfaat Demban Untuk Kesehatan. Ternyata Dapat Mencegah Kanker!

Horas!

Demban merupakan salah satu jenis tumbuhan yang sering kita temukan di sekitar kita. Bagi masyarakat Batak yang tinggal di tanah Batak dan fasih berbahasa Batak, tentu tidak asing lagi dengan kata “Demban”, bukan?

Dalam Bahasa Indonesia, Demban disebut juga sebagai Daun Sirih. Nah, kalau daun sirih Dongan BK pasti tahu, bukan?

Daun sirih atau demban merupakan salah satu tanaman obat yang dikenal memiliki banyak khasiat terutama di bidang kesehatan.

Hal ini terjadi karena demban memiliki banyak kandungan senyawa yang dapat membantu proses penyembuhan berbagai penyakit, seperti protein, iodin, sodium, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, asam nikotinat, flavonoid, fenol, tanin, saponin, polifenolat, dan minyak atsiri.

Nah, di Indonesia kelen bisa menemukan dua jenis demban nih Dongan BK, yaitu demban hijau dan demban merah. Keduanya memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan, lho! Apa saja ya?

1. Menjaga Kesehatan Mulut dan Gigi

Demban memiliki senyawa antimikroba yang dapat membantu mengatasi bakteri. Jika digunakan secara teratur, demban dapat membantu menjaga kesehatan mulut dan juga merawat gigi.

Selain itu, kandungan minyak atsiri yang terdapat pada demban dapat membantu mengatasi permasalahan bau mulut lho, Dongan BK!

Perbedaan Demban Merah dan Hijau.
Source : Tokopedia

Bukan hanya itu saja, berbagai kandungan alamiah yang dimiliki oleh demban ternyata mampu mengatasi berbagai permasalahan mulut dan gigi seperti, meredakan sakit gigi dan gusi bengkak.

Mantab kali kan, pantas saja orang tua zaman dahulu sering mengunyah demban. Ternyata untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi.

2. Mencegah Kadar Gula dalam Darah Meningkat

Selain mengobati berbagai permasalahan mulut, ternyata demban juga mampu untuk mengobati diabetes lho, Dongan BK!

Hal ini terjadi karena demban mengandung alkaloid dan flavonoid yang ternyata mampu untuk menurunkan kadar gula dalam darah.

Cara mengatasinya adalah dengan rutin meminum air rebusan demban 3x sehari setelah makan.

Cara membuatnya pun terbilang mudah, kelen hanya perlu menyiapkan 3 lembar daun sirih merah. Kemudian, iris daun sirih tersebut dan rebus dengan 3 gelas air hingga mendidih.

Kelen akan mendapatkan hasil sekitar 1,5 gelas dari hasil rebusan tersebut. Hasil rebusan tersebut kemudian kelen minum secara rutin setelah makan hingga habis. Lakukan hal ini secara rutin, maka kelen dapat mengatasi diabetes secara alami.

3. Mencegah dan Mengobati Kanker dan Tumor

Seperti yang telah dijelaskan di atas, demban memiliki berbagai senyawa yang dapat membantu menyembuhkan berbagai jenis penyakit, termasuk kanker mulut dan usus besar.

Hal ini terjadi karena demban memiliki kandungan fitokimia yang tinggi yang dapat membantu melawan sel kanker mulut dan usur besar.

Demban biasanya tumbuh di pagar dan menjalar di sekitar pagar rumah
Source : Suara.com

Kandungan Alkaloid dalam demban lah yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker ini. Bukan hanya menghambat, bahkan dipercaya dapat mengatasi dan mengobati penyakit kanker dan tumor.

4. Mengatasi Radang Mata

Manfaat lainnya yang dimiliki oleh demban adalah dapat mengatasi permasalahan mata, seperti radang mata.

Demban dipercaya memiliki kandungan antibakteri, seperti kandungan fenol, tanin, flavonoid, dan saponin. Kandungan ini lah yang dipercaya dapat mengobati permasalahan pada mata, seperti konjungtivis dan katarak.

Cara mengobatinya juga cukup mudah, biasanya masyarakat menggunakan air rebusan demban sebagai cairan pencuci mata, merendamkan mata pada air rebusan demban atau menempelkan daunnya langsung ke mata.

Kelen dapat mencoba beberapa cara di atas, namun alangkah lebih baiknya jika kelen juga tetap melakukan konsultasi dengan dokter di bidangnya.

Penggunaan demban untuk berbagai penyakit di atas masih tetap memerlukan saran penggunaan dari ahlinya. Jangan menggunakannya secara berlebihan, ya Dongan BK. Salam sehat!!

Subscribe

Tonton Video terbaru di Kanal Youtube BATAKKEREN Official