4 Persiapan Sebelum Liburan Ke Pulau Samosir. Nomor 2 yang Paling Utama! - BATAKKEREN
Home » Lifestyle » 4 Persiapan Sebelum Liburan Ke Pulau Samosir. Nomor 2 yang Paling Utama!

4 Persiapan Sebelum Liburan Ke Pulau Samosir. Nomor 2 yang Paling Utama!

Horas!!

Pulau Samosir merupakan salah satu pulau yang terbesar di Indonesia dan juga salah satu destinasi wisata prioritas yang saat ini sedang dikembangkan di Indonesia.

Pulau Samosir terletak di Sumatera Utara, tepatnya ditengah-tengah Danau Toba, sebuah danau yang terbentuk akibat letusan Gunung Toba di masa lalu.

Pemandangan alam yang indah, ditambah dengan hamparan bentang alam dan keunikan sejarah di Pulau Samosir, semakin menambah keinginan wisatawan lokal dan mancanegara untuk mengunjungi pulau ini. Kelen pun pasti pengen kan liburan ke Samosir?

Eitts, agar liburan kelen terasa nyaman dan menyenangkan, berikut ini beberapa tips dan trik sebelum ke Pulau Samosir!

1. Menyiapkan Waktu Liburan yang Panjang

Pulau Samosir memiliki luas yan cukup besar, yaitu sekitar 63.000 hektar.

Bukan hanya luas saja, namun Pulau Samosir memiliki banyak sekali tempat wisata, baik alam ataupun budaya di dalamnya yang tidak akan bisa dikunjungi seluruhnya dalam 1 hari.

source : PNGtree

Oleh karena itu, sebaiknya kelen menyiapkan waktu liburaun yang panjang agar dapat menikmati seluruh tempat wisata di Pulau Samosir dengan nyaman.

Misalnya saja, untuk Dongan BK yang masih tinggal di sekitar Sumatera Utara, dapat meluangkan waktu mulai dari 3 – 5 hari, agar dapat berlibur dengan nyaman.

Sementara itu, untuk Dongan BK yang tinggal di luar Pulau Sumatera, kelen harus meluangkan setidaknya 4 – 7 hari, agar dapat menikmati liburan di Pulau Samosir dengan tenang dan nyaman.

2. Menyiapkan Uang Dalam Bentuk Cash

Di era globalisasi saat ini, segala hal diupayakan secara cepat dan instan. Begitu juga dalam hal pembayaran.

Bahkan, akhir-akhir ini sering kita dengar istilah cashless atau metode pembayaran tanpa uang cash. Tidak dipungkiri lagi, tanpa sadar juga mengikuti trend ini, lho!

Nah, tips berikutnya cocok untuk kelen-kelen yang selalu cashless.

Source : Depositphotos

Sebelum kelen pergi berlibur ke Pulau Samosir, ada baiknya kelen juga mempersiapkan uang cash terlebih dahulu.

Pasalnya, beberapa penjual tradisional di Pulau Samosir masih belum menerapkan sistem QRIS atau transaksi non-tunai ketika bertransaksi.

Selain itu, tidak semua desa memiliki ATM dan mungkin jaraknya juga cukup jauh.

Nah, agar liburan kelen lebih nyaman, terutama ketika berbelanja, ada baiknya kelen menyiapkan uang cash secukupnya, ya Dongan BK!

3. Merencanakan Perjalanan dengan Matang

Seperti yang telah dijelaskan di atas, Pulau Samosir merupakan salah satu pulau yang besar dan memiliki banyak sekali objek wisata.

Nah, agar kelen bisa mengunjungi seluruh objek wisata dengan waktu yang terbatas, ada baiknya kelen juga merencanakan perjalanan dengan matang.

source : PNGtree

Misalnya saja, sebelum berkunjung ke desa Pangururan, kelen bisa mencari tahu terlebih dahulu objek wisata apa saja yang ada di desa tersebut dan berapa jaraknya dari satu objek wisata dengan objek wisata lainnya.

Membuat rencana perjalanan juga dapat membantu kelen untuk mengatur serta menghemat budget ketika liburan.

4. Menjaga Adat Istiadat yang Berlaku

Tips dan trik terakhir yang kelen harus kali kalian lakukan adalah menjaga adat istiadat yang berlaku di Pulau Samosir.

Pulau Samosir merupakan daerah yang masih sangat kental dengan kebudayaan dan adat Batak. Banyak tempat-tempat wisata yang masih memiliki aturan tertentu ketika mengunjunginya. Misalnya saja, harus menggunakan ulos atau sarung.

source : Freepick

Di beberapa daerah juga diterapkan aturan tidak boleh berkata kasar dan meludah di sembarang tempat.

Sebelum kelen mengunjungi tempat wisata di Pulau Samosir, ada baiknya kelen juga bertanya ke warga setempat dan mengikuti aturan yang berlaku ya, Dongan BK!

Nah, itulah beberapa tips dan trik yang kelen bisa coba ketika mengunjungi Pulau Samosir. Di Pulau Samosir, kelen juga dapat mengunjungi Batu Marhosa atau Batu Bernafas, Toga dan berbagai tempat wisata sejarah lainnya.

Jadi, kapan kita berangkat dongan BK?? 🙂

Subscribe

Tonton Video terbaru di Kanal Youtube BATAKKEREN Official