Google Translate Hadirkan Bahasa Batak Toba, Karo, dan Simalungun! - BATAKKEREN
Home » Berita » Google Translate Hadirkan Bahasa Batak Toba, Karo, dan Simalungun!
Bahasa Batak di Google Translate

Google Translate Hadirkan Bahasa Batak Toba, Karo, dan Simalungun!

Google Translate menghadirkan 110 bahasa baru, diantaranya adalah bahasa Batak Toba, Karo, dan Simalungun.

Horas!

Kabar gembira bagi para Dongan BK! Pasalnya, tanggal 27 Juni 2024 silam, Google Translate resmi menambahkan dukungan untuk tiga dialek bahasa Batak Toba, Karo, dan Simalungun. Penambahan ini merupakan bagian dari update besar Google Translate yang mencakup 110 bahasa baru, sehingga total bahasa yang didukung platform ini mencapai 243 bahasa.

Kehadiran bahasa Batak di Google Translate merupakan langkah penting dalam upaya pelestarian dan revitalisasi bahasa daerah di Indonesia. Hal ini memungkinkan penutur bahasa Batak untuk berkomunikasi dengan lebih banyak orang di seluruh dunia, serta mengakses informasi dan konten dalam bahasa mereka sendiri.

Apa sih keuntungan dari hadirnya Bahasa Batak di Google Translate?

Keuntungan Bahasa Batak di Google Translate

Ilustrasi Halak Batak
Ilustrasi Halak Batak | Pinterest

1. Mempermudah Komunikasi

Penutur bahasa Batak dapat menerjemahkan teks dan percakapan ke berbagai bahasa, sehingga memudahkan komunikasi dengan orang lain yang tidak mengerti bahasa Batak.

2. Aksesibilitas Belajar Bahasa Batak

Dengan penambahan bahasa Batak Google Translate dapat membantu orang untuk mempelajari bahasa Batak dengan menyediakan terjemahan kata dan frasa, sehingga dapat dengan mudah merangkai suatu kalimat.

3. Melestarikan Budaya

Kehadiran bahasa Batak di Google Translate membantu melestarikan budaya Batak dengan menyediakan platform bagi orang untuk berbagi informasi dan konten dalam bahasa mereka sendiri.

Penambahan bahasa Batak ke Google Translate adalah salah satu dari banyak upaya yang dilakukan untuk melestarikan bahasa daerah di Indonesia.

Dengan berbagai upaya yang dilakukan, diharapkan bahasa daerah di Indonesia, termasuk bahasa Batak, dapat terus dilestarikan dan digunakan oleh generasi muda.

Subscribe

Tonton Video terbaru di Kanal Youtube BATAKKEREN Official