Kompetisi Jetski Terbesar Dunia Ada Di Danau Toba, Lho! - BATAKKEREN
Home » Berita » Kompetisi Jetski Terbesar Dunia Ada Di Danau Toba, Lho!

Kompetisi Jetski Terbesar Dunia Ada Di Danau Toba, Lho!

Horas !

Kabar baik datang dari Danau Toba dan juga daerah sekitarnya. Pasalnya, di tahun 2023 ini, Danau Toba akan menjadi tuan rumah UIM-ABP World Aquabike Championship 2023.

Kejuaraan apasih itu? Dan dimana saja pelaksanaannya? Simak selengkapnya disini, Dongan BK!

UIM – ABP World Aquabike Championship 2023

Union Internationale Motonautique – Aquabike Promotion (UIM-ABP) World Aquabike Championship merupakan salah satu kompetisi olahraga aquabike (Jetski) yang telah diadakan sejak tahun 1992.

Saat ini, ada 2 tipe dari kompetisi ini, yaitu Ski dan Runabout yang dibagi menjadi 5 kategori.

Nah, di bulan November nanti, Indonesia akan menjadi tuan rumah untuk kompetisi bergengsi ini, tepatnya di kawasaan Danau Toba. Tak tanggung-tanggung, lokasi kompetisi ini akan diadakan di 4 kabupaten di Sumatera Utara.

Kabupaten tersebut adalah Kabupaten Karo, Dairi, Samosir, dan Balige.

Rangkaian Kompetisi

Empat kabupaten tersebut akan menjadi tuan rumah untuk dua kategori, salah satu kategorinya adalah endurance (ketahanan).

Kategori endurance ini akan diadakan pada tanggal 22 – 24 November di 3 lokasi, yaitu Karo, Dairi dan Samosir.

Kompetisi ini akan dibuka dengan Karo Grand Prix yang akan diadakan di pantai utara Danau Toba pada 22 November 2023 mulai pukul 11.30 WIB.

Atlet Jetski sedang berkompetisi dalam World Aquabike Championship<br>Source BRP Indonesia

Kemudian, di hari kedua, para peserta akan memperebutkan Dairi Grand Prix yang akan diadakan di antara Pangururan dan Silalahi mulai pukul 11.30.

Di hari ketiga, 24 November 2023, peserta akan memperebutkan Samosir Grand Prix yang akan dimulai pukul 13.30

Setelah kompetisi ketahanan ini selesai, putaran final akan diadakan di Balige (Pantai Selatan Danau Toba) pada tanggal 25 – 26 November 2023.

Pemerintah berharap dengan diadakannya kompetisi ini di kawasan Danau Toba dapat mendorong dan mendongkrak perekonomian masyarakat sekitar, sehingga dapat membantu pengembangan Danau Toba sebagai Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP).

Yuk, Dongan BK! Kita dukung dan sukseskan kompetisi jetski bergengsi ini, agar Tanah Batak dan juga Indonesia semakin dikenal di kancah Internasional.

Subscribe

Tonton Video terbaru di Kanal Youtube BATAKKEREN Official