Ada Apa Dengan Pematangsiantar? - BATAKKEREN
Home » Berita » Ada Apa Dengan Pematangsiantar?
Ada apa dengan Kota Pematangsiantar?

Ada Apa Dengan Pematangsiantar?

Kota Pematangsiantar menjadi kota multikultural di lokasi yang strategis.

Horas!

Dongan BK, Kota Pematangsiantar adalah kota multikultural dengan jumlah penduduk sebanyak 321.450  jiwa. Kota Pematangsiantar sendiri terdiri dari 8 kecamatan dan 53 kelurahan dengan luas wilayah mencapai 55,66 km² 

Sebagai kota multikultural, Pematangsiantar dihuni oleh berbagai etnis seperti Simalungun, Toba, Karo, Mandailing, Pakpak, Angkola, Jawa, Melayu, etnis Tionghoa, India, Eropa, dan lainnya.

Hal ini tidak lain dari nilai-nilai yang tercipta dalam masyarakat Pematangsiantar, yaitu keberagaman, kerukunan dan toleransi. Hal ini tercermin dalam semboyan Kota Pematangsiantar yaitu “Sapangambei Manoktok Hitei”, yaitu bergotong-royong mencapai tujuan bersama. Multikulturalisme yang terdapat di Pematangsiantar melahirkan keunikan dari terjadinya proses asimilasi antar suku dan budaya.

1. Kondisi Ekonomi Kota Pematangsiantar

Kondisi Kota Pematangsiantar
Kondisi Kota Pematangsiantar | Heta News

Kondisi ekonomi masyarakat Kota Pematangsiantar tahun 2023 menunjukkan pertumbuhan ekonomi positif dengan penurunan tingkat kemiskinan dan pengangguran.

Terhitung pada tahun 2023, terjadi kenaikan laju pertumbuhan ekonomi sebesar 4,22 persen dibanding tahun 2022 sebesar 3,47 persen. Kota Pematangsiantar sudah selayaknya bangkit mengejar ketertinggalan dari kota-kota besar di Sumatera Utara.

Letak Kota Pematangsiantar yang sangat strategis, apalagi jika ditunjang dengan infrastruktur dan sumber daya manusia yang lebih baik akan berdampak positif pada pertumbuhan ekonomi.

Namun dari hasil survei, sebanyak 52% responden mengatakan tidak adanya perubahan sektor ekonomi, dan 22% justru mengatakan lebih buruk. Sedangkan hanya sebanyak 18% mengatakan kondisi ekonomi Kota Pemantangsiantar menjadi lebih baik.

2. Pematangsiantar Butuh Sosok Wali Kota Baru?

Potret Kantor Wali Kota Pematangsiantar | Mistar.id

Menyambut Pilkada Pematangsiantar 2024 dengan beragamnya bacalon Wali Kota tentunya membuat masyarakat dihadapkan lebih banyak pilihan. Namun, diharapkan lahir sosok Wali Kota perintis, bukan pewaris.

Ini didasari tingkat kepuasan terhadap kinerja petahana tidak terlalu tinggi; yaitu sebesar 45%, sedangkan 36% menginginkan petahana kembali menjadi Wali Kota Pemantang Siantar

3. Potensi Kandidat Bacalon Wali Kota Pematang Siantar

Menurut hasil survei Secara spontan, terdapat 53.8% yang belum menentukan pilihan calon Wali Kota. Susanti Dewayani mendapat dukungan tertinggi, 10.9%, disusul Marudut Liberty Panjaitan 10.2%, Mangatas Marulitua Silalahi 4.7%, Wesly Silalahi 3.3%, Hendra Simanjuntak 2,6 %, Gusmiyadi 2.2%, dan bacalon lainnya di bawah 2%.

Proses survei Bacalon Wali Kota Pematangsiantar menggunakan simulasi 10 nama Bacalon Walikota.

Simulasi 10 Nama Bacalon Walikota Pematangsiantar

Dalam simulasi 10 nama, Susanti Dewayani meraih dukungan 26.9%, kemudian Marudut Liberty Panjaitan 25.3%, Mangatas Marulitua Silalahi 9.4%, Wesly Silalahi 8,6%, Gusmiyadi 6.7%, Hendra Simanjuntak 5.3%, Ronald Tampubolon 4.5%, nama lain di bawah 5%, dan massa mengambang ada 8.3%.

Kalau menurut Dongan BK yang berasal dari Pematangsiantar bagaimana?

Subscribe

Tonton Video terbaru di Kanal Youtube BATAKKEREN Official