Mengenal Itak Gurgur, Simbol Pengharapan dan Kekuatan - BATAKKEREN
Home » Kuliner » Mengenal Itak Gurgur, Simbol Pengharapan dan Kekuatan

Mengenal Itak Gurgur, Simbol Pengharapan dan Kekuatan

Horas!!

Tanah Batak khususnya kawasan Danau Toba dikenal memiliki kekayaan kuliner yang beragam. Mulai dari makanan berat hingga makanan ringan semua ada.

Nah, dalam artikel kali ini kita akan berkenalan dengan salah satu makanan ringan khas Batak, yaitu itak gurgur.

Apa itu Itak Gurgur?

Itak Gurgur adalah salah satu makanan ringan dari tanah Batak dengan bahan pembuat utamanya adalah tepung beras.

Dalam bahasa Batak, itak berarti beras yang digiling secara tradisional. Sementara gurgur berarti mendidih atau membara.

Keunikan utama dari itak gurgur ini adalah kita bisa langsung memakannya tanpa dimasak terlebih dahulu lho, Dongan Batak.

Makna Pemberian Itak Gurgur

Pada zaman dahulu, itak gurgur disajikan dalam acara doa pada momen khusus.. Misalnya saja, ketika ada musim kemarau yang tak kujung henti diadakanlah ritual untuk memohon belas kasihan dari Mulajadi Nabolon (Tuhan dalam konsep tradisional Toba).

Jika hujan turun lebat dan akhirnya menggenangi sawah, dipersembahkanlah itak gurgur dengan doa: “On ma itak gurgur da Oppung. Gurgur ma gogo ni hauma nami on” yang berarti “Inilah itak gurgur, yah Oppung. Semoga hasil sawah kami berlimpah.”

Contoh Itak Gurgur, Makanan Khas Tanah Batak
Source : Indozone Sumut

Di masa sekarang, itak gurgur masih tetap disajikan pada momen-momen tertentu, seperti pernikahan dan dukacita.

Bukan hanya itu saja, dalam beberapa keluarga, itak gurgur juga diberikan oleh orang tua kepada anaknya yang akan merantau dengan doa bahwa anaknya tetap bersemangat dan kuat selama di tanah perantauan.

Nah, ternyata bukan hanya namanya saja yang penuh dengan filosofi, bahan-bahan pembuat itak gurgur juga ternyata memiliki makna lho, Dongan Batak.

Tepung Beras

Tepung beras adalah bahan dasar dan yang paling utama untuk membuat itak gurgur. Bagi orang Toba, beras merupakan kebutuhan pokok dan utama yang dapat menguatkan tubuh jasmani dan rohani. Dalam istilah Batak, beras dikenal juga dengan boras, si pir ni tondi yang artinya beras penguat roh.

Gula

Di dalam itak gurgur terdapat gula. Gula ini menjadi simbol semangat yang kuat dan mampu membangkitkan semangat. Ketika kadar gula dalam darahnya cukup, maka orang tersebut akan terlihat energik dan kuat.

Cara Membuat Itak Gurgur

Cara membuat itak gurgur ternyata cukup mudah dan sederhana. Bahan yang perlu Dongan Batak siapkan adalah tepung beras, air, kelapa parut dan gula merah/putih, dan garam.

Itak Gurgur Makanan Khas Tanah Batak
Source : Tobaria

Setelah semua bahan disiapkan, Dongan Batak bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk membuat itak gurgur:

  1. Rendam beras di dalam air sekitar 1-2 jam.
  2. Tiriskan dan giling beras. Beras juga bisa ditumbuk di losung (lesung).
  3. Ayak tepung yang sudah jadi.
  4. Campurkan tepung beras dengan kelapa parut dan gula putih atau merah.
  5. Jika ingin menambahkan garam, Dongan Batak dapat menambahkan garam sesuai dengan selera.
  6. Setelah bahan tercampur, bentuklah campuran bahan dengan tangan. Genggam dan tekan kuat sehingga hasilnya berbentuk genggaman.

Nah, secara umum itak gurgur menjadi lambang pengharapan dan kekuatan, serta doa bagi kita yang memakannya agar lebih bersemangat dan berkobar-kobar untuk melanjutkan atau mengejar cita-cita ke arah yang lebih baik lagi.

Subscribe

Tonton Video terbaru di Kanal Youtube BATAKKEREN Official