Home » Berita » Banggakan Tanah Batak, Maruli Simanjuntak Diangkat Menjadi KSAD

Banggakan Tanah Batak, Maruli Simanjuntak Diangkat Menjadi KSAD

Horas!!

Lagi – lagi kabar membanggakan datang dari pemerintah Indonesia.

Kabarnya salah satu Dongan BK bermarga Simanjuntak baru saja diangkat menjadi Kepala Staff Angkatan Darat (KSAD), lho Dongan BK. Siapakah beliau ini?

Beliau adalah Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc. Beliau diangkat menjadi KSAD menggantikan Agus Subiyanto pada hari Rabu, 29 November 2023.

Upacara pelantikan ini dipimpin langsung oleh Presiden Jokowi di istana negara.

Maruli Simanjuntak merupakan seorang perwira jebolan Akademi Militer (Akmil) tahun 1992.

Sepanjang perjalanan karirnya ia pernah bertugas di infanteri Komando Pasukan Khusus (Kopasaus) dan Detasemen Tempur Cakra.

Maruli Simanjuntak dilantik langsung oleh Presiden <br>source detikcom

Selain itu, Maruli Simanjuntak juga pernah menjabat sebagai Perwira Bantuan Madya Operasi Kopassus, Komandan Sekolah Komando Pusat Pendidikan dan Latihan Pasukan Khusus, Wakil Komandan Grup 1 Kopassus, Komandan Grup 2 Kopassus dan Asisten Operasi Danjen Kopassus.

Pada tahun 2014, Maruli Simanjuntak mulai bertugas di istana negara sebagai jabatan Komandan Grup A Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres hingga tahun 2016.

Sebelum menjabat sebagai KSAD, Maruli Simanjuntak juga pernah menorehkan prestasi sebagai Danrem Terbaik dalam bidang Upaya Khusus (Upsus) Ketahanan Pangan Tingkat Nasional.

Maruli dan istri menghadiri pelantikan KSAD di Istana Negara source detikcom

Enam tahun berselang, yaitu pada awal tahun 2022, Jenderal Andika Perkasa menunjuk Maruli untuk mengisi jabatan Pangkostrad yang kosong.

Diketahui dari beberapa sumber, Pangkostrad adalah jabatan terakhir yang diemban oleh menantu dari Pak Luhut Panjaitan sebelum menjadi KSAD.

Dengan dilantiknya, Maruli Simanjuntak sebagai KSAD, maka jabatannya yang semula Letnan Jenderal akan naik menjadi Jenderal.

Luhut Panjaitan turut hadiri pelantikan menantunya sebagai KSAD <br>Source detikcom

Selamat atas terpilihnya, Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc sebagai Kepala Staff TNI Angkatan Darat.

Selamat bertugas dan semoga amanah dalam mengemban tugas ini!

Subscribe

Tonton Video terbaru di Kanal Youtube BATAKKEREN Official